HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN SUSU FORMULA DENGAN KARIES GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK AISYIYAH I PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN 2013

YOSEP FRANDI
   
ABSTRAK

Karies gigi merupakan penyakit jaringan gigi yang ditandai dengan kerusakan jaringan, dimulai dari permukaan gigi dan meluas ke daerah pulpa. Karies gigi merupakan penyakit gigi dan mulut nomor satu di dunia dengan angka kejadian yang tinggi, hal ini terjadi karena banyak faktor diantaranya ; Kebiasaan dalam mengkonsumsi susu formula. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberian susu formula dengan terjadinya karies gigi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan cross sectional, sampel sebanyak 64 responden dari 181 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Analisis statistik menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara kebiasaan dalam memberikan susu formula dengan terjadinya karies gigi (p-value = 0,001),
Saran : diharapkan untuk orang tua agar selalu konsultasi dan memeriksakan kesehatan gigi anak-anak mereka secara rutin baik di dokter gigi atau pun pusat kesehatan terdekat.
Kata kunci : pemberian susu formula, karies gigi, anak prasekolah
Sumber : 21 (1990 – 2013)

0 Response to "HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN SUSU FORMULA DENGAN KARIES GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK AISYIYAH I PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN 2013"

Post a Comment

jangan lupa komentar nya gan :)