STIKES MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG

STIKES MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG GO INTERNATIONAL


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Pringsewu Lampung adalah salah satu sekolah Tinggi Kesehatan di Kabupaten Pringsewu yang menjalin kerjasama dengan Universitas - universitas di luar negeri. STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung saat ini bekerja sama dengan Khon Kaen University (Thailand), Boromarajonani collage of Nursing (Chon Buri), Centro Escolar University (Manila), Cebu Normal University (Cebu City) dan Ifugo State University (Filipina).
   Kerja sama dengan beberapa Universitas di Luar Negeri ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa keperawatan dan Kebidanan dan menghasilkan lulusan yang berkompeten serta mampu bersaing secara Global. Pada tanggal 9 – 13 Mei 2013 Khon Kaen University mengadakan seminar Internasional tingkat ASEAN yaitu "THE INSF 4th (International Nursing Student Forum)" yang diikuti oleh 4 Negara yaitu : Indonesia, China, Vietnam dan Thailand, untuk mengikuti Lomba tersebut STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung  mengirimkan 9 orang, 4 orang dari dosen yaitu : Ns. Arena Lestari, M.Kep (selaku ketua STIKes), Ns. Fitra Pringgayuda, M.Kep (wakil ketua I), Ns. Emerita, S.Kep (International Coordinator Affair) dan Apri Sulistianingsih, SST (dosen), serta  5 mahasiswa yaitu Yosep Frandi, Chandra Palaka Siaga, Tiara, Enggal Pratama dan Triadi Sulistiyo. 
Tanggal 10 mei 2013 STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung Melakukan kerjasama / Memorandum of Understanding (MOU) dengan Khon Kaen University (Thailand) dan pada tanggal 14 mei 2013 melakukan Memorandum of Agreement (MOA) di Boromarajonani collage of Nursing (Chon Buri) kerjasama ini ditandatangani langsung oleh ketua STIKes Muhammadiyah Pringsewu, Ns. Arena Lestari. M.Kep. Menurut beliau dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Universitas di Thailand dan chon buri, akan lebih menunjang pendidikan serta mampu bersaing tingkat Internasional, program yang akan dijalankan adalah seminar Internasional bagi mahasiswa terbaik dan pertukaran mahasiswa berprestasi. Selain itu pertukaran dosen, serta pelatihan-pelatihan untuk mahasiswa dan dosen yang akan dilaksanakan di Thailand. Beliau berharap, program-program tersebut bisa menambah keilmuan mahasiswa serta memiliki pengalaman mengikuti pendidikan di luar negeri yang akan memperoleh sertifikat dan wawasan internasional. Sedangkan bagi dosen, akan mendapat pengalaman bagaimana membuat mahasiswa tidak hanya belajar tetapi bagaimana membuat mahasiswa berfikir kritis. 
   

   "Tidak hanya mahasiswa dan dosen yang menjadi target untuk di kirim ke Khon Kaen University (Thailand), melainkan seluruh civitas akademika dalam hal ini tenaga kependidikan pun menjadi target guna peningkatan mutu layanan bagi mahasiswa." ungkapnya.beliau juga mengatakan upaya MOU dengan universitas luar negeri tersebut sesuai target STIKes Muhammadiyah untuk Go International. "Sesuai dengan visi dan misi STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung dalam meningkatkan percepatan pengembangan diri," urainya.

   Seiring dengan itu, STIKes juga melengkapi fasilitas penunjang pembelajaran seperti ruang perkuliahan Full Ac, Mini Hospital, Laboratorium Komputer dan
Laboratorium Bahasa. Untuk menunjang serta meningkatkan kualitas pendidikan, STIKes muhammadiyah menyelengarakan Program – program penunjang, seperti Kursus dan Training Bahasa Asing. English Day dan English course bagi mahasiswa dan dosen serta masih banyak program – program penunjang lainnya.

   STIKes Muhammadiyah Pringsewu Juga membangun kerjasama kerjasama dengan rumah sakit yang tersebar di wilayah Lampung dan rumah sakit pusat rujukan yang ada di Jakarta. Kerjasama yang dimaksud guna meningkatkan proses pembelajaran dan skill mahasiswa dalam melakukan Tindakan keperawatan.




Source : News Letter STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung

0 Response to "STIKES MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG"

Post a Comment

jangan lupa komentar nya gan :)