PROPOSAL JAMUR CRISPY

BAB 1
PENDAHULUAN

awal mula saya tertarik dalam membuka usaha jamur crispi karena Salah satu jenis bisnis cemilan yang sedang marak saat ini adalah berjualan jamur crispy. Cemilan ini menggunakan bahan dasar jamur tiram yang juga saat ini bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran karena berkembenagnya budidaya jamur

Rasa dari jamur crispy yang gurih, renyah, serta sehat membuat jenis cemilan ini bisa dengan mudah diterima masayarakat. Apalagi dengan slogan makanan sehat dan bebas kolesterol yang diusung oleh segala jenis masakan berbahan dasar jamur ini membuat permintaan akan jamur crispy ini semakin menngkat.

A. SEKILAS TENTANG JAMUR CRISPY
jamur crispy merupakan salah satu cemilan yang sehat yang sangat baik di konsumsi.selai , jamur crispy juga nmemiliki n itu karena memiliki cita rasa yang khas
Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 19-35 persen protein.
Dibanding beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur, sekitar ada sembilan jenis dari 20 asam amino yang dikenal.
Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral; rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker; mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.
Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg.
A.    Visi dan Misi
Visi
-          Saya akan berusaha melayani konsumen dengan sebaik-baiknya
-          Saya akan akan menyajikan menu yang sehat sesuai dengan kondisi konsumen

-          Misi
-          Saya akan menerapkan sikap sopan santun dan ramah tamah sehingga konsumen yang dating tidak merasa segan dengan pelayanan yang saya berikan.
-          Saya akan menuruti selera konsumen sehingga usaha yang akan saya jalani dapat berkembang dengan baik.
-          Saya akan berusaha sekeras mungkin dan akan menciptakan tempat yang nyaman dan kualitas yang baik sehingga banyak pelanggan yang datang untuk membeli.

B.     LATAR BELAKANG
Salah satu bahan makanan yang bisa dibuat berbagai macam camilan adalah jamur. Jamur yang paling enak untuk di buat camilan dengan minuman teh hangat dan di nikmati di sore hari adalah jamur crispy. Seiring maraknya gerai-gerai makanan ringan yang menjajakan camilan dengan inovasi produk maka memilih usaha bisnis jamur crispy adalah pilihan yang cerdas.
Bisnis jamur crispy adalah bisnis kuliner Semacam keripik dari jamur tiram putih. Proses membuat jamur crispy sebenarnya juga sangat sederhana, sama aja dengan membuat ayam goreng crispy, sedangkan untuk membuat kripik jamur, hanya menambahkan proses spinner dan menggorengnya lebih lama saja  (karena dimasak hingga kering)
usaha ini masih cukup potensial, memang karena harganya masih cukup tinggi,segmentasi pemasarannya masih cukup terbatas.
Jamur crispy banyak disukai para penikmat kuliner, mungkin karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat sensasi tersendiri bagi lidah kita. Apalagi ditunjang dengan keunggulan dari bahan bakunya yaitu jamur tiram yang tanpa kolesterol dan mengandung berbagai macam manfaat bagi kesehatn

BAB II
ANALISIS PASAR

A.    Deskripsi Umum Usaha
Dalam Kegiatan Usah  jamur jamur  crispy ini banyak sekali yang harus diperhatikan, misalnya yang akan kita hadapi dan kendala-kendala dan resiko yang diakibatkan serta solusi yang harus dihadapi.
Dalam usaha rumah makan sehat ini masalah yang dihadapi adalah pesaing, maka pengusaha harus benar-benar memperhatikan dan menguasai segala
masalah serta mengetahui tentang resiko dan kerugian.

B.     PROSPEK PASAR
Makanan cemilan jamur crispy sudah banyak di kenal di berbagai daerah bahkan di luar negeri hal ini terbukti  dengan:
1.      Permintaan jamur crispy di daerah – daerah yang makuin meningkat
2.      Di luar negeri banyak yang sudah mengenal dan mengonsumsi jamur crispy
3.      Saat ini beberapa jamur digunakan sebagai obat untuk melawan kolesterol, kanker, dan AIDS. Senyawa aktif jamur yang terkandung dikabarkan dapat sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membunuh serangga dan nematoda. Kesimpulan, secara statistik sangat menjanjikan, yakni kolesterol dan serum turun 12,6 persen dan triglycerol turun 27.

C.    Kebutuhan dan kecenderungan pasar
target dalam pemasaran jamur crispi ini masih tergolong tinggi .sementara itu kecenderungan pasar akan jamur crispy sudah tergolong tinggi.
 Tidk hanya pengusaha jajanan kecil yang menyediakan jamur crispy tapi cafe – cafe besar pun sudah mulai menyajikan menu jamur crispy.
Adapun tempat-tempat yang bisa dijadikan untuk objek usaha jamur crispy tersebtut antara lain:

1.      Masyarakat sekitar
2.      Pasar
3.      Pedagang

D.    Target pasar
Dalam proses pemasaran jamur crispy  ini untuk tahap awal akan saya lakukan didesa saya sendiri ,kemudian setelah mendapatkan pendapatan saya  akan pasarkan di kota,apa bila semua berjalan baik,lancer dan sukses.
Adapun tempat-tempat yang bisa dijadikan untuk objek usaha tersebtut antara lain:
1.    Masyarakat sekitar
2.    Pasar
3.    Pedagang

E.     Proyeksi pengembangan usaha
usaha ini di orientasikan sebagai usaha kecil, namun usaha ini cukup menjajanjikan untuk meningkatkan ekonomi.usaha cemilan jamur crispy
untuk itu akan di bagi beberapa tahap yaitu tahap industi kecil awal, tahap industri kecil lanjut, dan tahap industri menegah .
Penjelasan mengenai ke tiga tahap tersebut adalah sebagai berikut:


F.      Tahap Industri Kecil Awal
  • Tahap ini merupakan langkah awal menuju terbentuknya industri padat karya yang kuat dan kokoh
  • Menerapkan standar produksi yang tepat untuk mengoptimalkan hasil
  • Penyempurnaan sistem produksi, keuangan dan distribusi.
  • Penambahan tenaga kerja.
  • Pencarian investor
Tahap industri kecil awal ini merupakan jembatan menuju berdirinya industri kecil yang kokoh. Investasi yang dibutuhkan untuk tahap industri kecil awal diperkirakan berkisar antara 25 hingga 100 juta rupiah.
G.       Tahap Industri Kecil Lanjut
Tahap ini merupakan pengembangan dari tahap industri kecil awal. Setelah kebutuhan dana mencukupi, dan seluruh kekurangan telah dapat diatasi, maka dimulailah industri kecil lanjut yang ditargetkan untuk memiliki perijinan dan pembentukan badan usaha. Industri ini diharapkan mampu menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari pekerja kasar di bagian produksi hingga profesional di bidang pemasaran, R & D dan administrasi.
Investasi yang dibutuhkan untuk tahap industri kecil lanjut ini diperkirakan berkisar antara 30  hingga 70  juta rupiah.
H.    Tahap industri menengah nasional
Secara umum tahap industri  menengah adalah perluasan dari industri kecil, mulai dari sistem kapasitas produksi hingga tahap distribusinya.

 
BAB III
ANALISIS OPERASIONAL


A.       LOKASI PRODUKSI
Rencananya Lokasi usaha terletak di desa saya sendiri yaitu sukoharjo kabupaten pasawaran

Cara Memasak Jamur Crispy :
  1. Rebus jamur tiram dengan air, beri sedikit garam. Tunggu sampai mendidih dan jamur tiram layu.
  2. Angkat, tiriskan, perasa sampai kandungan airnya tinggal sedikit dan tunggu sampai dingin
  3. Setelah dingin, iris-iris memanjang/sesuai selera

Cara Membuat pencelup/pelapis :
  1. Campur semua bahan kering, aduk rata
Penyelesaian :
  1. Masukkan jamur yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan pencelup / pelapis, aduk sampai semua permukaan jamur tertutupi adonan pelapis.
  2. kemudian masukkan jamur tersebut ke dalam putih telur sebentar saja, sampai semua permukaan terkena putih telur.
  3. Ambil jamur tersebut dan masukkan lagi ke adonan pelapis sambil diremas-remas.
  4. Goreng jamur sampai kering di wajan dengan minyak yang banyak (deep frying).

C.    Investasi yang di butuhkan
Investasi awal yang di butuhkan adalah sebesar 30 –50 juta rupiah.
F. Profil dan Struktur Kepengurusan
a.       Pimpinan usaha : mengatur dan beratanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi dalam usaha tersebut serta ikut melayani setiap ada pembeli
b.      Tenaga kerja membantu usaha tersebut.


BAB IV
PENUTUP

Demikian proposal pengembangan usaha jamur crispy ini penulis susun. Dan dari hasil analisis penulis mengenai peluang pemasaran ,operasional dan keuangan, penulis optimis bahwa makanan cemilan jamur crispy ini layak dan berpotensi tinggi untuk di kembangkan sebagai usaha.



4 Responses to "PROPOSAL JAMUR CRISPY"

  1. kalau modal yang dibawa 5juta bisa gak.?
    untuk skala kecil saja seperti usaha gerobakan
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 5 juta cukup untuk grobak dan alat + bahan (ngiriit ..) hehe :)

      Delete
  2. bisa lah 3 juta aja bisa

    ReplyDelete
  3. saya khawatir ketika saya akan membeli rumah saya dengan nilai kredit buruk saya. saya ditolak pinjaman dari bank saya dan tidak bisa mendapatkannya. Saya menjelaskan kepada seorang teman, dia kemudian memperkenalkan saya kepada pria terhebat sepanjang masa pedro jerome. saya menjelaskan masalah saya kepadanya dengan mengirim teks ke suratnya dan dia membantu saya menyelesaikan semuanya dalam waktu 3 hari kerja. dia memberi saya pinjaman 400,000.00 euro untuk membayar rumah saya di mana saya juga digunakan untuk mengembangkan bisnis saya juga. semoga Tuhan memberkatinya! Anda dapat mengajukan pinjaman cepat dari mr pedro jerome yang bekerja dengan sekelompok investor .. dia penyihir yang dibicarakan semua orang di seluruh internet .. hubungi dia melalui surat di mr pedro pedroloanss@gmail.com. nomor whatsapp: +18632310632.

    ReplyDelete

jangan lupa komentar nya gan :)